8 Cara Melacak HP yang Hilang (Belum Gambar)

 

Mengetahui cara melacak hp yang hilang mungkin dianggap tidak penting atau belum dibutuhkan untuk sebagian orang. Padahal sebaliknya, hal ini sangat penting lho. Disarankan bagi setiap pengguna smartphone untuk tahu cara ini agar nantinya tidak panik atau bingung saat benar-benar ada di situasi ini.

Kehilangan hp memang sangat bisa menyebabkan kepanikan, apalagi jika hp tersebut adalah satu-satunya yang Anda punya. Meskipun kejadian ini bisa memberikan pengalaman yang membuat stres, tapi ada cara kok untuk sedikit meringankannya. Setidaknya inilah delapan cara yang bisa Anda coba.

Cara Melacak HP yang Hilang

Hp Anda mungkin merupakan perangkat paling pribadi yang Anda miliki, yang berisi sejumlah besar informasi pribadi mulai dari foto, rekaman video, catatan keuangan, hingga dokumen pekerjaan. Belum lagi, membeli hp baru juga termasuk pengeluaran tak terduga yang lumayan mahal apalagi yang premium.

Jika hp Anda hilang, pertama jangan panik! Jika sudah sedikit tenang, coba ikuti salah satu dari delapan cara dalam daftar di bawah ini. Tenang, kemungkinan besar hp Anda bisa ditemukan kok, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah yang benar seperti berikut:

  1. Gunakan Fitur Bawaan Android Bernama Google Find My Device

Setiap smartphone dengan OS Android, apapun tipe dan merknya, selalu dilengkapi dengan alat bawaan yang bernama Google Find My Device, yang bisa Anda gunakan untuk mengunci hp dari jarak jauh dan melacak lokasi dari hp tersebut.

Alat ini merupakan sebuah perangkat keras yang terpasang di setiap Android dan disambungkan ke perangkat lunak yang kemudian bisa Anda akses dengan sangat mudah.

Jika Anda ingat, saat pertama kali mengaktifkan Android baru, Anda akan diminta untuk login ke akun Google, bukan? Nah, saat login inilah Anda juga sudah otomatis mengaktifkan / menghidupkan fitur tadi.

Tapi jika ingin memastikan bahwa fitur tersebut benar-benar sudah aktif, Anda juga bisa lakukan pengecekan manual dengan langkah-langkah seperti berikut:

  • Masuk ke bagian menu Pengaturan / Settings.
  • Pilih sub menu bernama Security and Privacy / Keamanan dan Privasi, lalu pilih Device Administrator.
  • Selanjutnya cari tulisan Find My Device, dan tepat di sebelah kanan tulisan ini ada sebuah tombol yang bisa digeser (berwarna hijau saat menyala), tapi kadang juga sebuah kotak kecil yang perlu dicentang.
  • Jika sudah memastikan bahwa fitur Find My Device tadi benar-benar aktif, selanjutnya selalu aktifkan GPS di Android Anda. Karena jika GPS dalam keadaan mati, maka lokasi dari Android Anda tidak akan bisa terlacak, sehingga saat hilang jadi tidak bisa ditemukan lagi.

Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan Android Anda yang hilang dengan fitur Find My Device tadi:

  • Langkah pertama adalah Anda harus bisa mendapat pinjaman gadget lain. Misalnya Android atau tab milik salah satu anggota keluarga di rumah, atau mungkin laptop / PC milik Anda sendiri.
  • Jika sudah, selanjutnya bukalah browser Google Chrome dan ketik Google Find My Device dan klik hasil pencarian teratas yang tampil di layar. Agar lebih cepat dan akurat, Anda juga bisa copy paste URL berikut: https://www.google.com/android/find?u=0.
  • Langkah berikutnya adalah masuklah ke akun Google yang Anda gunakan untuk login di Android Anda yang hilang. Artinya, Anda harus ingat dengan pasti apa username dan password dari akun Anda tersebut. Jika Anda lupa, maka Anda tidak bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  • Jika sudah berhasil login, biasanya akan langsung muncul notifikasi pop-up yang isinya adalah Google meminta izin kepada Anda untuk menggunakan data informasi perangkat, lokasi, dan sejumlah data lain yang berkaitan dengan Android Anda yang hilang.
  • Saat muncul notifikasi tadi, klik tombol hijau bertuliskan Accept / Terima, dan beberapa detik setelahnya, Google akan memulai proses pelacakan lokasi dari Android yang hilang dan jika sudah ditemukan akan langsung menampilkan peta lokasi di layar.

Anda bisa klik peta tersebut untuk melihat detail dari lokasinya. Tergantung pada lokasi yang ditampilkan di layar, Anda memiliki tiga opsi nih untuk melakukan tindakan selanjutnya, yaitu:

  • Putar Suara

Jika ternyata lokasi dari Android tersebut sangat dekat, misalnya ada di dalam rumah atau di rumah tetangga tapi Anda benar-benar tidak ingat dimana menaruhnya (mungkin di atas meja, sofa, atau lainnya), maka Anda bisa klik opsi Putar Suara / Play Sound.

Sesuai namanya, opsi ini akan membuat Android Anda berbunyi seperti saat ada telepon masuk tapi dengan volume full / sangat keras selama kira-kira lima menit, bahkan ketika Android Anda dalam keadaan mode getar atau bahkan silent total.

  • Amankan Perangkat

Jika lokasi dari Android tersebut ternyata jauh, maka Anda bisa pilih opsi Secure Device / Amankan Perangkat untuk mengunci layar hp Anda agar tidak ada orang yang bisa membukanya.

Tak hanya mengunci, opsi ini juga memungkinkan Anda untuk memunculkan pesan singkat di layar Android dari jarak jauh agar orang yang menemukan Android Anda bisa membaca pesan tersebut dan bisa segera mengembalikan Android Anda.

Pesan tersebut bisa berupa nomor hp lain yang bisa mereka hubungi, alamat email, atau mungkin juga nama akun media sosial Anda.

  • Hapus Data

Opsi terakhir adalah klik tombol Erase Device (hapus semua data di dalam Android Anda). Pilih cara ini sebagai cara terakhir jika misalnya Android Anda berada di lokasi yang jauh dan Anda sudah menuliskan pesan tapi tidak ada orang yang menghubungi dan Anda khawatir data-data di dalam hp tidak aman.

Jadi sebagai skenario terburuk jika Anda kehilangan harapan untuk mendapatkan kembali smartphone Anda, hapuslah seluruh data di smartphone Anda. Cara ini merupakan antisipasi jika orang yang menemukan memiliki niat tidak baik, misalnya ingin membongkar file-file / foto / video di dalam hp Anda.

Jika Anda klik opsi Erase Device tadi, seluruh data yang ada di dalam Android sudah bersih sama seperti saat diatur ke setelan pabrik atau Android baru.

Jadi semua data mulai dari kontak, chat, SMS, koleksi foto dan video, dan semua catatan atau pengaturan lainnya benar-benar akan hilang, sehingga data-data pribadi Anda tidak akan disalahgunakan.

  1. Gunakan Factory Reset Protection

Khusus untuk Android 5.0 Lollipop, Google telah memperkenalkan Factory Reset Protection (FRP). Fitur ini dirancang untuk mencegah pencuri mencuri ponsel Anda, menghapus data-datanya, dan kemudian menggunakannya atau menjualnya.

Jika Anda mengatur ulang ponsel dengan FRP, orang yang memegang hp Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk akun Google terakhir yang terdaftar di hp tersebut.

Jika orang tersebut tidak bisa memasukkan nama pengguna dan kata sandi, maka hp tersebut akan tetap terkunci sehingga hp tidak akan bisa digunakan atau dijual oleh orang lain.

  1. Lacak dengan Email

Cara melacak hp yang hilang lainnya adalah dengan akun Gmail milik Anda. Cara ini sebenarnya sama dengan cara pertama, yaitu sama-sama akan mengarahkan Anda ke fitur Find My Device.

Syaratnya pun sama, yaitu Anda harus tahu / hafal dengan username serta kata sandi email yang ada di Android Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser Google Chrome dari laptop atau smartphone lain, lalu buka halaman https://www.google.com/intl/id/gmail/about/.
  • Cari tombol Login dan klik, kemudian ikuti perintah selanjutnya yang tampil di layar.
  • Jika sudah berhasil login, klik Google Apps (ikon sembilan titik bentuk persegi yang ada di sudut kanan atas layar, kemudian klik menu bernama Find My Device.
  • Selanjutnya layar perangkat akan memberi tampilan yang sama persis seperti saat Anda melakukan cara pertama tadi. Menu-menu yang muncul juga sama persis yaitu Play Sound, Secure Device, dan Erase Device. Pilih salah satu opsi sesuai yang Anda butuhkan.

 

  1. Gunakan Find My iPhone

Sama seperti Android, Apple juga memiliki fitur bernama Find My iPhone yang didedikasikan untuk membantu pengguna menemukan iPhone yang lupa tempat atau bahkan hilang karena dicuri.

Aplikasi ini sudah diinstal di setiap perangkat iOS dan dapat menampilkan perangkat Anda yang hilang di peta untuk membantu Anda menemukan dan mengelolanya dengan mudah.

Satu-satunya persyaratan untuk menggunakan metode ini adalah Anda menggunakan ponsel, tablet, atau komputer iOS lain yang juga memiliki aplikasi Find My iPhone untuk melacak lokasi dari perangkat yang hilang. Langkah-langkah menggunakannya adalah:

  • Buka menu Pengaturan dan pilih ID Apple Anda, lalu klik Find My iPhone.
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke lembar Find My Device yang bisa membuat Anda mengklik tombol Find My iPhone dan tombol Aktifkan Pencarian Offline dan Kirim Lokasi Terakhir. Perintah ini akan membantu Anda menemukan lokasi terakhir dari iPhone bahkan saat layanan internet di iPhone mati.
  • Selanjutnya kembalilah ke menu Pengaturan dan pilih ID Apple. Kemudian scroll ke bawah untuk melihat daftar perangkat. Klik nama perangkat yang hilang dan Anda akan dibawa ke lembar Info Perangkat yang memungkinkan Anda untuk melihat rincian data.
  • Klik Find My iPhone lalu klik Show dan layar akan menampilkan peta yang menunjukkan lokasi dan petunjuk arah yang tepat tentang cara menuju ke lokasi tersebut.

Layanan ini juga memberi Anda pilihan untuk memutar suara di perangkat Anda, menandai perangkat sebagai hilang, dan mengirim pesan ke iPhone Anda dalam mode hilang.

Anda juga memiliki opsi untuk menghapus data pada perangkat jika mungkin iPhone Anda jatuh ke tangan orang yang salah. Fitur ini juga sangat efektif untuk melacak hampir semua perangkat iOS yang hilang seperti Mac, iPod, dan iPad.

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Android dan Apple juga bekerja sama dengan beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menemukan ponsel cerdas Anda saat hilang atau tidak sengaja lupa menaruhnya. Salah satu aplikasi tersebut adalah Prey Anti Theft yang bisa Anda download gratis dari Google Play dan App Store.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi dengan baik di Android tapi juga iOS, Chromebook, Windows, Linux, Ubuntu, dan MAC. Aplikasi ini memiliki fitur akses dan kontrol jarak jauh yang memungkinkan Anda melakukan perintah pada smartphone seperti fitur Find My Device tadi.

Namun, aplikasi ini memberikan informasi yang lebih terperinci tentang bagaimana Anda atau polisi dapat melacak perangkat Anda, seperti koordinat GPS, alamat MAC, foto dari kamera untuk membantu menangkap pencuri, dan pemberitahuan lain yang tidak ditawarkan oleh fitur Google Find My Device.

  1. Lacak Lokasi Hp dengan ADM

Cara melacak hp yang hilang berikutnya adalah dengan ADM (Android Device Manager), tapi dengan syarat fitur GPS di smartphone Anda harus selalu dalam keadaan on. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan perangkat lain berupa PC, laptop, atau smartphone lain, kemudian install ADM ke perangkat tersebut. Anda bisa download dari Google Play Store.
  • Setelah berhasil terinstall, buka ADM dan masuklah ke akun ADM menggunakan alamat email dan kata sandi dari email tersebut. Email yang dimaksud di sini harus sama ya dengan email yang ada di hp Anda yang hilang.
  • Jika sudah login dengan email yang benar, ADM akan langsung menampilkan nama dari perangkat yang hilang tadi lengkap dengan informasi detail seperti tipe hp dan bahkan lokasi terbarunya.

Jika sudah tahu lokasinya, Anda bisa langsung datang dan mengambil hp tersebut dengan membawa bukti kepemilikan mungkin berupa kotak / box dari hp tersebut atau yang lainnya.

  1. Hubungi Operator Seluler

Jika sangat tipis harapan Anda untuk mendapatkan kembali hp Anda yang hilang, mungkin karena tidak ada orang yang menghubungi, dan Anda sudah hapus semua data tapi masih khawatir hp tersebut dijual dan menguntungkan orang lain, maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah datang ke gerai operator.

Cara yang sama juga bisa Anda lakukan jika hp yang hilang bukan smartphone melainkan hp biasa yang secara otomatis tidak memiliki fitur Find My Device / Find My iPhone, fitur GPS, menu email, dan tidak bisa konek ke internet.

Tapi sebelum datang ke gerai operator seluler, ada syarat mutlak nih yang harus Anda penuhi, yaitu Anda tahu nomor IMEI atau nomor seri dari hp / smartphone Anda atau masih ada kartu seluler di dalam hp yang hilang tersebut dan dalam keadaan aktif.

Biasanya, pihak operator seluler bisa membantu untuk melacak lokasi dari hp non smartphone yang hilang asalkan sim card tadi aktif.

Namun jika sim cardnya sudah tidak aktif karena sengaja dilepaskan dari hp oleh orang yang menemukan misal, maka opsi kedua adalah operator seluler akan membantu membuat hp Anda masuk ke dalam daftar hitam di basis data operator sehingga mencegah orang lain untuk menggunakannya.

  1. Lapor Polisi

Jika tujuh cara di atas tidak berhasil misal, mungkin karena kartu sim di hp Anda sudah tidak aktif dan pihak operator tidak bisa membantu, GPS di hp Anda juga off sehingga lokasinya terlalu sulit untuk dilacak, atau faktor lain apapun itu, maka jalan satu-satunya dan terakhir yang bisa dilakukan adalah lapor polisi.

Anda bisa datang ke kantor polisi dan langsung melaporkan kehilangan beserta kronologi kejadian serta lokasi terakhir yang Anda ingat saat masih memegang / membawa hp tersebut. Namun saat melapor ini, Anda juga tetap harus membawa serta IMEI / nomor seri dari hp Anda.

Karena bermodalkan nomor seri / IMEI tersebut, biasanya pihak polisi bisa membantu untuk melacak keberadaan hp yang hilang meskipun hp tersebut tidak konek ke internet, kartu sim tidak aktif atau bahkan sudah diganti, fitur GPS di hp mati, atau bahkan hp tersebut sudah dijual.

Namun biasanya, agar laporan Anda bisa segera diproses dan hp tersebut cepat ditemukan, ada sejumlah biaya administrasi yang harus Anda bayar, yang jumlahnya sendiri tergantung pada kebijakan masing-masing kantor.

Kehilangan hp memang bisa sangat membuat cemas / khawatir mengingat banyaknya informasi pribadi dan mungkin juga foto yang tersimpan di dalamnya. Untungnya, ada banyak cara melacak hp yang hilang, baik di perangkat iPhone dan Android, atau bahkan hp non smartphone.